Kajian PPA 2013 BEM FT UMS


            
MATERI KAJIAN PPA 2013

A.    LATAR BELAKANG
Di jenjang Universitas tentu kita mengenal  dengan adanya ospek , kegiatan ospek ini berlandaskan pada SK Dirjen Dikti No. 38/DIKTI/Kep/2000 tentang Pengaturan Kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru di Perguruan Tinggi, pada dasarnya bertujuan untuk memberikan pengenalan awal bagi mahasiswa baru, baik berkenaan dengan sejarah kampus, lembaga-lembaga yang ada di kampus, jenis kegiatan akademik, sistem kurikulum, cara pembelajaran yang efektif di perguruan tinggi, para pemimpin universitas, fakultas dan dosen. Orientasi Studi Pengenalan Kampus (OSPEK) bagi mahasiswa baru, merupakan kegiatan yang penting di berbagai perguruan tinggi, meskipun dengan nama yang berbeda-beda (Afandi, 2000).
Mahasiswa Universitas Muhamadiyah Surakarta (UMS) adalah salah satu perguruan tinggi swasta sebagai wacana keilmuan dan keislaman, sehingga ospek harus dikembalikan pada konsep dan tujuan awal dimana kekerasan fisik tidak ditonjolkan. Ospek yang selama ini sering memperlihatkan kekerasan fisik dan psikis harus diganti dengan ospek yang bervisi humanis, mencerahkan jiwa dan pikiran mahasiswa baru. ospek yang selama ini memperlihatkan sifat arogansi kekuasaan harus diganti dengan ospek yang lebih memperlihatkan kearifan, etika dan moral, serta keramahan yang mendidik.
            Di Universitas Muhammadiyah Surakarta Ospek dikenal dengan sebutan PPA (Pengenalan Program  Akademik), PPA ini dilaksanakan agar mahasiswa baru dapat mengenal kehidupan, suasana dan bagaimana keadaan diUniversitas, PPA ini merupakan sebuah lonjakan awal atau tahap transisi dari mahasiswa baru yang baru lulus dari sma dapat berperilaku layaknya mahasiswa.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka PPA ini dilaksanakan dengan semangat “Transformasi Pengembangan Diri”, untuk mempersiapkan mahasiswa supaya dapat memahami betul segala hal yang berhubungan dengan mekanisme yang ada diperguruan tinggi dimana ia sedang belajar
Materi yang akan diberikan dalam PPA ini meliputi ke-Universitasan, ke-Fakultasan, Ormawa tingkat Universitasan-jurusan, dan UKM. PPA yang dimaksudkan juga sebagai pengenalan program akademik,dimana mahasiswa baru harus benar-benar mengerti tentang sistem akademik yang ada di lingkungan fakultas teknik ataupun jurusan masing –masing.

B.     TAHAP KEGIATAN
Dalam kegiatan PPA ini ada beberapa tahapan yang harus dilaksanakan yaitu
1.      Pra PPA
Pada tahap ini mahasiswa baru diharuskan melakukan pendaftaran di sekretariatan BEM agar bisa melakukan PPA bagi yang belum mendaftar tidak diperbolehkan mengikuti kegiata PPA tersebut.
2.      Pelaksanaan PPA
Pada tahap ini mahasiwa baru diberikan pendidikan, materi, dan pengenalan di kampus serta diberi tugas-tugas yang telah diberikan sebelumnya tujuannya agar mahsiswa mandiri dan kreatif serta dapat mengenal daerah sekitar . Kegiatan dilaksakan mulai pukul 06.30 sampai 17.00.
3.      Pasca PPA
Dari kegiatan PPA tahun 2012 setelah kegiatan PPA beberapa opini yang sama. Yang diraskan tiap-tiap peserta adalah capek dan tidak mau mengulang lagi. Apabila PPA bertujuan untuk membentuk etika dan moral mahasiswa tetap saja tidak ada perubahan yang menonjol pada diri tiap-tiap peserta yang mengikuti PPA, namun ada pula yang merasakan manfaatnya ketika berhadapan dengan dosen pada saat materi. Apabila PPA bertujuan pula sebagai program mengenalan akademik, tetap saja banyak mahasiswa yang masih kebingungan terhadap jadwal kuliah.
Suatu kegiatan pasti ada kelebiahan dan kekurangan alangkah baiknya kita sebagai orang bijak meminimalkan yang buruk bahkan mencegah yang buruk untuk memperoleh kebaikan.
Dari uraian diatas saya membuat suatu kesimpulan bahwa OSPEK yang kami sebut dengan PPA, ada yang mencapai tujuan positif tetapi ada juga yang menganggap bahwa kegiatan ini hanya ajang balas dendam oleh kakak tingkat. Pada dasarnya kegiatan ini ingin memperkenalkan lebih tentang kegiatan PPA, dimana lebih di fokuskan dalam perkenalan program akademiknya. Selain kegiatan PPA yang tujuannya memperkenalkan lingkungan teknik juga,sebelumnya ada kegiatan yang dinamakan MASTA ( masa ta’aruf) yaitu tahap perkenalan.

C.     PENUTUP
SISI Positif kegiatan PPA 2012 :
1.      Mahasiswa baru dapat mengenal lingkungan sekitar
2.      Lebih mengakrapkan dengan mahasiswa lainnya
3.      Menumbuhkan sikap disiplin.
Kekurangan PPA 2012
1.      Masih kurangnya materi tentang mekanisme yang ada di universitas.
2.      Setelah selesai PPA mahsiswa masih belum terlalu paham tentang materi yang disampaikan karena terlalu banyak tekanan yang mereka terima.
Kesimpulan yang saya peroleh dari data dan pengamatan diatas adalah :
1. Kegitan OSPEK atau yang disebut PPA oleh panitia F
T UMS belum keseluruhannaya membentuk etika dan moral para peserta PPA yang merupakan calon mahasiswa FT UMS
2. Faktor pendukung dan penghambat kegiatan
            a. Faktor pendukungnya ialah adanya materi-meteri tentang pengenalan program akademik yang disampaikan oleh tim pmk F
T UMS dalam kegiatan diluar ataupun didalam kelas. Hal ini sangat bermanfaat bagi para peserta sebagai pemanasan awal sebelum mengikuti perkuliahan
            b. Faktor penghambatnya ialah para senior yang bertindak berlebihan pada calon mahasiswa dirasa tidak ada manfaat bagi para peserta. Hal tersebut merupakan wujud pembodohan bagi para calon mahasiswa sebagai agen perubahan. Perploncoan merupakan tindakan yang tidak manusiawi bahkan karena adanya kewenangan senior terhadap juniornya m
engakibatkan korban berjatuhan.
Saran untuk kegiatan PPA 2013 :
1.      Untuk PPA 2013 saya harap bisa dibuat lebih menarik dan aplikatif sehingga  materi yang disampaikan dapat terealisasikan dengan baik dan mahasiswa baru dapat lebih mengerti kehidupan yang ada di universitas dan aturan-aturan yang ada di universitas.
2.      Untuk perlengkapan yang dibawa mahasiswa baru jangan terlalu memberatkan terutama dalam segi biaya.

Materi Diskusi
1.      Apa yg kalian kenal tentang PPA?
2.      Bagaimana tanggapan anda tentang PPA?
3.      Apa kelebihan dan kekurangan PPA tahun tahun sebelumnya menurut anda?
-       Kepanitiaan
-       Susunan acara
-       Tugas
-       Konsumsi
-       Pendanaan
4.      Apa harapan anda tentang PPA selanjutnya?
5.      Bagaimana tanggapan anda dengan tim PMK dan EVA?
a.       Kekurangan
b.      Kelebihan
c.       Tugas



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jual Alat Tambal Ban

semangatt