Persiapan Wawancara Kerja

Lakukan Penelitian
Kita hendaknya memahami posisi maupun perusahaan tempat kita mengajukan lamaran kerja karena pertanyaan yang sering muncul dalam setiap wawancara kerja adalah alasan kita memilih melamar pekerjaan tersebut. Jika telah melakukan penelitian kecil-kecilan, maka Anda akan menjawab dengan informasi dan respon yang detail. Tidak hanya itu, dengan melakukan penelitian, Anda dapat bertanya mengenai hal-hal yang kurang dimengerti sehingga menunjukkan kepada perusahaan jika Anda benar-benar tertarik untuk bergabung di dalamnya.

Latihan Menjawab Pertanyaan
Grogi pasti ada ketika kita berada dalam suasana wawancara kerja, apalagi bagi mereka yang baru pertama kali mengalaminya. Nah, untuk mengatasi rasa grogi yang akhirnya membuat lidah kita kelu ketika ditanya, berlatihlah lebih dahulu baik di depan kaca maupun dengan teman yang berpengalaman.

Siapkan CV
Agar terlihat profesional dan kredibel, bawalah hard copy CV Anda ketika wawancara kerja. Tidak perlu menunggu malam sebelum wawancara kerja untuk menyiapkan CV. Cetaklah dalam jumlah yang banyak jauh hari sebelum wawancara kerja.

Siapkan Pakaian
Apa yang Anda kenakan saat wawancara kerja sangat penting karena akan memberikan kesan pertama pada pewawancara. Oleh karena itu, siapkan pakaian yang akan dikenakan saat interview pada sore atau malam hari sebelum hari H. Sehingga ketika pagi hari, Anda tidak perlu terburu-buru dan mengobrak-abrik isi lemari demi mendapatkan baju yang sesuai.

Latih Kemampuan Komunikasi Anda
Jika Anda adalah orang yang selalu melihat ke bawah untuk menghindari kontak mata ketika berbicara dengan seseorang, maka Anda harus berlatih untuk melakukan kontak mata. Tunjukkan rasa antusiasme Anda saat berbicara tanpa perlu berlebihan.

Last, Take Deep Breaths
Persiapan beres, sekarang saatnya Anda untuk bersinar. Ketika waktu wawancara semakin dekat, tarik nafas dalam-dalam guna meredam rasa gugup yang ada. Ingat, pewawancara tidak hanya menilai Anda dalam setiap kata. Yakinlah Anda sudah menyiapkan jawaban yang sesuai dan detail dalam setiap pertanyaan untuk menunjukkan kemampuan dan ambisi Anda terhadap pekerjaan tersebut.

Walaupun semuanya telah Anda persiapkan dengan baik dan melewati wawancara kerja dengan sempurna, ada kemungkinan Anda tidak mendapatkan pekerjaan tersebut. Tidak perlu berkecil hati, berikan yang terbaik, tetap follow up calon perusahaan dengan mengatakan terima kasih, dan cobalah tidak terlalu stres mengenai hal tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jual Alat Tambal Ban

semangatt