Strategi Kuliah TI UMS

Alternatif 1:
Jangan lihat ke belakang, konsentrasi dengan apa yang ada sekarang, dan rencanakan masa depan.
Beberapa mahasiswa dalam kelompok ini sangat berhati-hati dalam mengambil mata kuliah “sodok”. Mereka ingin memastikan bahwa mereka bisa lulus dengan baik semua mata kuliah. Kalaupun ada yang terlewat, lulus tetapi nilai kurang, mereka tidak mengambil ulang, karena dianggap itu telah berlalu. Mereka mencari kompensasi untuk menutup nilai yang tidak baik dengan beberapa nilai lain yang lebih baik.
Strategi ini membutuhkan konsistensi yang tinggi (jadi yang pengin menjadi ketua KMTI tapi otak dan staminanya nggak tinggi, tidak disarankan menggunakan strategi ini).

Alternatif 2:
Menabung mata kuliah sebanyak-banyaknya selama sksnya cukup, dan kuliah yang di”sodok” tidak sulit.
Ini juga sebuah strategi yang membutuhkan peta yang lengkap tentang setiap mata kuliah, bagaimana dosennya, tugasnya banyak nggak, sistem penilaian dsb. Anda harus hati-hati dengan strategi ini, saya pernah mengambil sangat banyak SKS mata kuliah karena sempat bermalas-malasan beberapa semester sebelumnya, yang terjadi adalah nilai saya “rata tengah” alias CCCC semua. Ini karena saya kelelahan mengikuti semu mata kuliah tersebut, kurang lebih ada 8-9 kuliah yang harus saya ikuti.
Untuk mendapatkan peta ini maka pergaulan dengan senior sangat penting, dan percayalah waktu 1-2 tahun diatas anda itu masih sangat dekat. Saya saja saat ini sedang bekerja bersama dengan mantan mahasiswa yang beda angkatannya adalah 9 tahun dari saya, dan ini sangat membanggakan saya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jual Alat Tambal Ban

semangatt